18 – 23 September 2010 Pecinta Alam Kayumanis Satu Mendaki Gunung Semeru #2



Transportasi dari Jakarta menuju TNBTS

Dari pasar genjing ke stasiun pasar senen menggunakan angkot M35 Rp 3.000, lalu dari stasiun pasar senen menggunakan kereta api ekonomi MATARMAJA menuju stasiun kota baru malang, harga tiket kereta api ekonomi MATARMAJA Rp 51.000,- Sesampainya di stasiun kota baru malang disarankan untuk menyewa angkot untuk langsung menuju pasar tumpang dengan tarif Rp 10.000/orang, atau dari stasiun kota baru malang naik angkot jurusan terminal arjosari seharga Rp 4.000 dilanjut ke pasar tumpang Rp 4.000,- Dari Pasar tumpang menggunakan mobil jeep untuk menuju resort ranupani harga sewa mobil jeep Rp 450.000,- Kapasitas mobil jeep mampu mengangkut sebanyak 13 – 15 orang, maka Rp 450.000 : 13 orang = Rp 34.615/orang (genap Rp 35.000/orang untuk sewa jeep). Setelah itu melakukan registrasi dengan membayar retribusi sebesar Rp 7.000 (umum) di Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yang berada di Jl. Raya Tulus Ayu Telp. 0341-787972 Tulusbesar Tumpang Malang.

Transportasi dari TNBTS ke Jakarta
Dari resort ranupani menuju pasar tumpang bisa menggunakan mobil jeep seharga Rp 450.000 (dibagi banyaknya jumlah rombongan maka dapat ditentukan harga perindividu) atau menggunakan truk sayur seharga Rp 30.000/orang (disarankan pada pagi hari sekitar pukul 08:00 sudah bersiap – siap di resort ranupani). Atau jika anda ingin meneruskan pendakian ke gunung bromo anda bisa naik truk sayur dengan membayar Rp 15.000/orang lalu turun di pertigaan jemplang. Dari pasar tumpang disarankan untuk menyewa angkot untuk langsung menuju stasiun kota baru malang, sekitar Rp 10.000/orang. Dari stasiun kota baru malang menuju stasiun jatinegara menggunakan kereta api MATARMAJA Rp 51.000/orang. Dari stasiun jatinegara menggunakan APB turun di Jl. Kayumanis 1 Baru, tarir APB Rp 3.000,- Estimasi biaya transportasi sebesar Rp 250.000/orang.

Point yang harus diingat
1. Persiapkan mental dan fisik, rencana perjalanan, keuangan serta perlengkapan baik individu maupun kelompok.
2. Naik kereta ekonomi (MATARMAJA) sebaiknya naik dari stasiun pasar senen, atau naik dari stasiun kota dan memesan tiket kereta 3 – 4 sebelum pemberangkatan. Sebaiknya tiba di stasiun pasar senen sebelum pukul 14:00 wib. Karena Kereta api ekonomi matarmaja berangkat dari stasiun pasar senen pukul 14:00 wib.
3. Tiba di stasiun kota baru malang, kurang lebih perjalanan di kereta hampir 20 jam.
4. Setibanya di stasiun kota baru malang dilanjut menuju pasar tumpang dengan menyewa mobil yang berada di depan stasiun. Anda akan diantar ke pos yang berada di pasar tumpang.
5. Jangan lupa membawa surat kesehatan dari dokter, kartu identitas diri seperti KTP, KTM, SIM dll. Serta masing – masing di fotocopy sebanyak 2 lembar dan bawa juga 1 lembar materai 6000 (satu TEAM). Jika anda tidak membawa surat kesehatan dari dokter atau belum memfotocopy kartu identitas diri jangan khawatir karena di pasar tumpang tersedia.
6. Dilanjut ke Ranu Pane dengan menggunakan mobil jeep yang sudah tersedia, sebelum sampai di ranupani anda akan di ajak ke Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru untuk mengisi/ meregistrasi identitas diri.
7. Kembali meneruskan perjalanan dengan menggunakan mobil jeep, dan memasuki kawasan taman nasional bromo tengger semeru.
8. Tiba di ranupani, mengkonfirmasi pendakian di resort ranupani.
9. Meneruskan perjalanan ke ranu kumbolo, perlu di ingat untuk mencapai ranu kumbolo dari jalan beraspal ranupani anda ke kanan menuju pintu masuk hutan dan ke kiri mengikuti jalan setapak yang ditandai dengan 3 buah patok berwarna kuning.
10. Tiba di ranu kumbolo. (Silahkan beristirahat mendirikan tenda) Perkiraan waktu yang dibutuhkan dari ranupani ke ranu kumbolo mencapai 4 jam.
11. Tanjakan Cinta.
12. Oro – Oro Ombo.
13. Kalimati (Silahkan mendirikan tenda). Perkiraan waktu yang dibutuhkan dari ranu kumbolo ke kalimati mencapai 6 jam. Masih ada sumber air di sumber mani.
14. Arcopodo (Dapat mendirikan tenda pula)
15. Cemoro Tunggal nya sudah roboh.
16. Puncak MAHAMERU. Jika ingin menggapai puncak disarankan start dari kalimati pukul 02:00 malam, dan jangan berlama – lama diatas puncak MAHAMERU karena para pendaki diwajibkan untuk turun dari puncak sebelum pukul 10:00 dikarenakan adanya gas beracun dari kawah jonggring saloka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kutipan

Sir Edmund Hillary, the first people who reached top of everest in 1953. It is not the mountain we conquer, but ourselves. Bukan gunung yang kita taklukan, tetapi diri kita sendiri.